Pages

Wednesday

Tutorial Membuat Gambar Vektor (Wajah Menjadi Kartun)) dengan Corel Draw

Tutorial Membuat Gambar Vektor (Wajah Menjadi Kartun)) dengan Corel Draw

  Assalaamualaikum…..
Agan-agan wa sista-sista yang saya hormati selamat dating di trit ane yak!, langsung aja cekidooot
Sudah cukup lama berkecimpung belajar di dunia gambar-menggambar (mau ditulis design kayaknya ketinggian gan), tidak afdhol kalo tidak bisa berbagi ilmu dengan orang lain. Untuk itu pada kesempatan ini TS coba membuat tutorial cara mengedit foto menjadi gambar kartun dengan Corel Draw X4. Harapannya sih yang nyubi awam sekalipun juga bisa ngikut.
BTW Ini tutorial pertama saya gan, masih belajar buat tutorial, harap dimaklumi ya gan, kalo ada yang kurang jelas bisa tanya hehe.
Yang akan kita lakukan adalah membuat kayak gini gan


Oke pertamax

1. Untuk mempraktekkan ini agan perlu software Corel Draw (versi berapapun bisa)
2. Jalankan aplikasi Corel Draw X4 (ini yang TS pake buat editing)

3. Pilih new blank document
4. Tekan tombol Ctrl + I untuk Import/memasukkan gambar yang akan dibuat menjadi vektor ke dalam document. Pilih gambarnya gan….. klik Import

5. Kalo sudah sekarang gandakan gambarnya (sekedar untuk perbandingan), klik gambar yang ada di document kemudian tekan Ctrl+C (mengkopi) then Ctrl+V untuk paste. Drag ke arah sampingnya



6. Nah, sekarang pilih salah satunya, klik kanan->lock object, tujuannya biar object ini tetap di tempat saat nanti kita utak-atik
Lets start vectoring!
7. Untuk memulai pilih bezier tool di toolbar sebelah kanan, lihat gambar
Cara menggunakan alat ini cukup mudah, untuk membuat garis lurus tinggal klik (kiri) sembarang tempat kemudian klik lagi di tempat lain. Untuk membuat garis lengkung yang tentunya nanti akan banyak kita gunakan di sini, yaitu seperti membuat garis lurus tapi di titik kedua tahan mouse dan tarik maka akan menjadi garis lengkung (bingung ya gan?, sambil praktek gan biar gak bingung). Untuk membentuk sebuah object maka ujung pertama dan terakhir harus saling bertemu (kalau agan masih nyubi cobalah buat object kotak ato segitiga dengan bezier tool, yang sederhana saja)
8. Oke yang pertama kita eksekusi adalah alis mata, gunaka cara di no tujuh. Jika sudah menjadi object maka alis akan bisa diberi warna, caranya klik object alis kemudian klik warna yang akan dijadikan alis (kalo ane pilih item gan)
9. Untuk menghilangkan garis tepi maka klik kanan pada warna dengan icon X (lihat gambar)
10. Lakukan hal yang sama pada alis satunya (jika sampai sini berhasil, insya Allah bisa berlanjut ke langkah berikutnya, karena dasar pembuatan gambar vektor adalah permainan bezier tool)
11. Jika alis sudah sekarang waktunya membuat mata
12. Bentuk mata dengan cara no.7
13. Untuk bola mata kita gunakan object lingkaran atau elipse tool bisa gunakan tombol F7 (lihat gambar)
14. Buat 3 lingkaran dari yang terbesar sampai yang terkecil, sehingga membentuk kornea mata (eh bener kan namanya kornea?, selaput pelangi?) lihat gambar gan.
15. Beri warna gan (lihat gambar bawah no.17)
16. Nah sekarang agar kornea nampak seperti selaput pelangi kita gunakan Object Propertis (jika belum muncul maka tekan Alt+Enter maka akan muncul di bagian kanan monitor (lihat gambar bawah no.17)
17. Pilih fountain fill, kemudian lihat gambar, warna kornea tak harus coklat terserah yang agan inginkan mau dibuat merah jg bisa gan)
18. Kornea sudah jadi sekarang masukkan ke dalam mata, caranya tekan dan tahan shift kemudian klik 3 object lingkaran tadi satu persatu ato gunakan cara blok agar lebih mudah. Jika sudah lepas shift dan tekan Ctrl+G untuk membuat group object.
19. Klik pada group kornea tadi kemudian pilih menu Effect->Powerclips->Place Inside Container->klik pada object mata (bukan pada kornea), maka akan menjadi seperti pada gambar. Sebenarnya ada cara lain untuk hal ini, tapi ini adalah cara yang paling mudah, mudah untuk dijelaskan :ngakaks
20. Jika posisinya tidak seperti yang diharapkan maka tinggal klik kanan pada mata->Edit Content, tempatkan dengan sesuai. Jika sudah klik kanan kembali dan pilih->Finish Editing this level. Daan jadilah sebuah mata..(semoga sampai sini masih jelas dan bisa dimengerti),
21. Lakukan hal yang sama pada mata satunya, dan jangan lupa untuk membuat juga bulu mata, caranya seperti membuat alis gitu…
22. Sekarang membuat yang lain, yaitu garis-garis wajah, caranya mudah gunakan bezier tool seperti yang telah dijelaskan. Bibir juga, tinggal kasih warna bibir saja
23. Selanjutnya rambut, banyak yang bilang kalo rambut itu susah buatnya, saya tidak menyalahkan pendapat ini, tapi meski demikian cara yang digunakan tetap sama yaitu dengan bezier tool hanya saja rambut biasanya lebih detail. Beruntunglah bagi agan-agan yang gundul :ngakaks.
24. Ok next, memuat kulit wajah, sama ja tinggal diurut dengan bezier tool jika sudah tinggal diberi warna kulit (lihat gambar), ups ada masalah gambar perlengkapan wajah yang kita buat tertutup!. Tidak usah khawatir, klik kanan pada object wajah->order->in front of->klik gambar background/gambar asli (Lihat gambar)
25. Secara simple sudah membentuk sebuah wajah tapi masih standard (Pingin berhenti sampai sini boleh-boleh saja, tapi ini masih setengah jalan, kita lanjutkan saja sampai selesai. Geser gambar wajah, sehingga terlihat gambar wajah asli.
26. Klik kanan pada object background (gambar asli)->Unlock Object, kemudian pilih menu Effect->Transform->Posterize beri level dengan 4 (lihat gambar), maka akan terlihat ada beberapa warna di wajah, ikuti saja warna itu
27. Warna yang paling terang kita sesuaikan (lihat gambar)
28. Jika sudah kita grup kan (seleksi semua object terang dan tekan Ctrl+G) warna terang tadi. Kita geser ke arah wajah yang sudah menjadi kartun tadi kita posisikan sesuai dengan gambar (Lihat gambar)
29. Warna yang gelap juga diseleksi (Lihat gambar)
30. Jika terjadi lagi hal yang tadi (ada yang tertutup), kita mainkan klik kanan->Order->(Sesuaikan, mau kita letakkan dimana object itu supaya tidak menutupi object lainnya, bisa kita gunakan behind dan klik pada object lain walhasil object akan berada dibelakangnya, jika in front of maka akan ada di depannya, sesuai dengan nama, semoga agan-agan setidaknya tau bahasa Inggris :). Pada gambar ini saya pilih in front of, letakkan kik di kulit wajah yang terang, karena dengan demikian warna yang diseleksi berada 1 tingkat diatasnya
31. Lakukan hal yang sama pada warna warna selanjutnya, begitu juga dengan rambut, sehingga terlihat detil wajah dan rambut (lihat gambar)
32. Dengan demikian jadilah sebuah wajah
33. Untuk tangan dan Object lainnya kurang lebih cara yang digunakan adalah sama, pokok dari menggambar vektor di Corel Draw adalah penggunaan bezier tool
34. Gambar vektor sudah jadi
35. Kita beri aksesoris-aksesoris lainnya (background, tulisan dll)
Bingung ya gan?, maaf gan ane masih nyubi dalam membuat tutorial, semoga agan paham yang ane maksud gitu yak
36. Gambar yang sudah jadi ini (yang masih di file .cdr) bisa kita perbesar semau kita tanpa ada istilah gambar pecah, itulah gambar vektor, sebesar apapun kita akan mencetaknya, mau sebesar baliho, tidak akan pecah!
37. Untuk menjadikan wallpaper tinggal klik File->Export atau Ctrl+E, pada Save As Type pilih JPG, pilih tempat penyimpanan kemudian klik Export, jangan lupa atur ukuran gambar pilih ukuran seperlunya saja karena jika terlalu besar hanya akan memakan media penyimpanan, tentukan panjang dan lebarnya. Untuk memperkecil file klik Reset kemudian Ok.
Mungkin sementara cuman ini yang bisa TS kasih, insya Allah kalau ada kesempatan dan kemauan ane update gan. Yang mau tanya silahken di komentar. Budayakan komentar yang bermanfaat, jangan ngirim Junk biar afdhol saat menggapai ISO gitu gan (ane jg kaskuser gan :iloveindonesias).
http://www.google.com/search?q=MENDESAIN+VEKTOR+DENGAN+COREL+DRAW&oe=utf-8&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&client=firefox-a&hl=en&nfpr=&spell=1

5 comments:

Bagaimana dengan blog ini ?